.

Pengunjung

Para Sultan dan Karaeng se Nusantara Berkumpul di Bantaeng

Bantaeng (28/08). Sebanyak kurang lebih 200 Sultan, Karaeng dan Arung se Nusantara, termasuk di dalamnya Ketua Umum Raja Sultan Nusantara YM Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, Sultan Palembang, berkumpul di Kabupaten Bantaeng dalam rangka kunjungan wisata budaya.
Kunjungan dilakukan pasca Bupati Bantaeng H.M. Nurdin Abdullah dilantik menjadi Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Kraton Nusantara (ICKN) Sulawesi Selatan.

Rombongan diterima di Rumah Adat Balla Lompoa, dimana para Sultan membacakan Deklarasi Nusantara yang isinya merupakan perjanjian antara raja dengan negara, berbunyi "Kami ada sebelum kamu ada. Kamu ada karna kami akui kamu ada. Tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak mengakui kami", dibacakan di Bantaeng, Minggu Siang. 

Kemudian rombongan dijamu santap malam bersama di Anjungan Pantai Seruni Bantaeng. Pada kesempatan tersebut, Nurdin yang juga merupakan Eksekutif Presidium ICKN Sulsel mengatakan bahwa menjadi suatu kehormatan dan rahmat bagi Kabupaten Bantaeng menjadi tempat kunjungan para Sultan dan keturunan kerajaan se Nusantara. "Kedatangan para cendekiawan yang peduli terhadap adat istiadat serta marwah kraton tentu merupakan rahmat bagi Kabupaten Bantaeng. Semoga kunjungan ini dapat benar-benar memberi manfaat bagi siapa saja khususnya masyarakat Bantaeng", ujarnya.
Ketua Umum Raja Sultan Nusantara

YM Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin menyampaikan rasa takjubnya mengetahui bahwa Bantaeng adalah daerah tertua di Sulawesi Selatan yang memiliki progres pembangunan yang sangat berkembang. "Target kunjungan kami adalah agar bagaimana publik mengetahui serta mengakui keberadaan kerajaan, dan Bantaeng adalah daerah yang masih memiliki adat kerajaan yang cukup kental. Maka dari itu pemangku adat harus menjadi suri tauldan bagi masyarakat lainnya", ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Eksekutif Presidium Nasional ICKN Pusat Muhammad Asdar, Sultan Paser Kalimantan Timur YM dr. Sultan H. Muhammad Heriansyah Andrian Sulaiman YM Datuk Adil dari Kesultanan Deli Medan, Ketua TP. PKK Kab. Bantaeng Hj. Liestiaty F. Nurdin serra segenap pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng. 


0 komentar

Tambahkan Komentar Anda

« Selanjutnya Sebelumnya »

Copyright © 2010 - 2016 Bantaeng HOT News- Program By Dedy Al Islami dan unsat

video