.

Pengunjung

Bupati Resmikan Gedung BSB Kecamatan se-Kabupaten Bantaeng

Bantaeng (24/09). Bupati Bantaeng H.M. Nurdin Abdullah meresmikan gedung BSB Kecamatan se-Kabupaten Bantaeng (BSB Campagaloe, BSB Pa'jukukang dan BSB Banyorang) sebagai jejaring PSC 119 Kabupaten Bantaeng. Peresmian berlangsung di Campagaloe, Kel. Bonto Jaya, Kec. Bissapu, Kabupaten Bantaeng.

BSB Kecamatan yang akan beroperasi ini merupakan salah satu jejaring dari PSC 119 Kabupaten Bantaeng. Dengan tujuan untuk mendekatkan akses pelayanan kegawatdaruratan medik dan bencana kepada masyarakat serta mempercepat respon time dalam memberikan pelayanan kegawatdaruratan medik dan bencana kepada masyarakat. Yang mana sebelum berdirinya jejaring ini respon time yang dimiliki adalah 20 menit, akan dipersingkat menjadi 15 bahkan 10 menit dengan beroperasinya ketiga jejaring PSC 119 Kabupaten Bantaeng ini. 

Koordinator BSB, dr. Andi Ikhsan yang juga merupakan Sekretaris Dinas Kesehatan melaporkan bahwa dalam memperkuat layanan kegawatdaruratan medik dan bencana setiap BSB Kecamatan terdiri 20 tenaga dokter, 42 perawat, dan 7 orang sopir yang tersebar pada beberapa tempat yaitu BSB Kota, BSB Loka, BSB Campagaloe, BSB Pa'jukukang dan BSB Banyorang. Sementara itu untuk Satgas Damkar tiap pos diperkuat oleh 16 orang yang dibagi dalam dua regu dimana masing-masing dilengkapi dengan kendaraan operasional 2 ambulance dan 2 kendaraan damkar di setiap jejaring PSC 119 Kabupaten Bantaeng pada ketiga tempat tersebut.

"Suatu kesyukuran bahwa kita memiliki pemimpin dengan visi yang sangat jauh kedepan. Presiden memberi instruksi terkait sistem penanganan kegawatdaruratan ini pada tahun 2013, sementara BSB Bantaeng sendiri sudah terbentuk pada 7 Desember 2009. Ini membuktikan bahwa Bupati Bantaeng memiliki pemikiran empat tahun lebih cepat dibanding pemerintah pusat", ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Ikhsan menambahkan bahwa Kementerian Kesehatan RI menunjuk Kabupaten Bantaeng sebagai role center publik pelayanan kesehatan nasional dan menghimbau kepada Kab / Kota se-Indonesia untuk melakukan studi banding ke Kabupaten Bantaeng khususnya terkait dengan BSB. Disamping itu, sejak tanggal 1 Juli 2016, PSC 119 Kabupaten Bantaeng telah terintegrasi dengan NCC 119 Pusat, dengan call centre 119 yang merupakan bantuan dari Kemenkes. 
 
Sementara itu, sebelum meresmikan gedung BSB Kecamatan se-Kabupaten Bantaeng, Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan hadirnya layanan ini diharapkan dapat semakin memberi rasa aman bagi masyarakat. "Saya juga sangat berharap agar Dinas Kesehatan dan Bapedalda dapat mengambil tenaga medis dan tenaga damkar dari daerah setempat agar lebih memudahkan. Dengan hadirnya jejaring ini, tentunya pelayanan akan menjadi lebih cepat. Namun saya berharap agar masyarakat Bantaeng selalu sehat serta senantiasa terhindar dari bencana", jelas Bupati.
Setelah meresmikan gedung BSB Kecamatan se-Kabupaten Bantaeng, Bupati melakukan peninjauan ke dalam gedung BSB tersebut.

Terbentuk pada 7 Desember 2009 yang bertepatan dengan haru ulang tahun Kabupaten Bantaeng ke-755, BSB senantiasa memberikan pelayanan kesehatan yang terdepan dan tercepat atas setiap bencana /musibah yang menimpa masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan pertolongan cepat namun jauh dari jangkauan dokter maupun terkendala sarana transportasi karena tidak memiliki kendaraan.
Hadir pada peresmian tersebut antara lain Kadis Kesehatan Hj. Takudaeng, Pimpinan SKPD, Camat dan Lurah yang berkesempatan hadir.




0 komentar

Tambahkan Komentar Anda

« Selanjutnya Sebelumnya »

Copyright © 2010 - 2016 Bantaeng HOT News- Program By Dedy Al Islami dan unsat

video