.

Pengunjung

Bersama Presiden RI, Bupati Bantaeng Turut Hadiri Puncak Pesta Mappanretasi di Kab. Tanah Bumbu.

Tanah Bumbu (07/05). Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rezeki yang dilimpahkan ke pantai Pagatan, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bersama lembaga adat dan tokoh masyarakat, kembali menggelar Acara Puncak Pesta Adat Mappanretasi Tahun 2017 yang berlangsung di Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.
Tradisi yang rutin dilaksanakan oleh nelayan keturunan Bugis di Pagatan ini lebih dikenal sebagai Pesta Laut Budaya Maritim, dan tahun ini dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, didampingi Ibu Negara Iriana Widodo, serta segenap Pimpinan Daerah dari berbagai Daerah di Indonesia, satu diantaranya yakni Bupati Bantaeng yang juga menjabat selaku Sekjen APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia), H.M. Nurdin Abdullah.
Pada perhelatan acara tersebut, Joko Widodo diberikan Kehormatan Adat oleh lembaga adat setempat, kemudian dilanjutkan dengan prosesi Mandre Esso bersama masyarakat adat, nelayan, petani, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta unsur Pemerintah setempat.
Yang lebih menarik lagi, acara Puncak Pesta Adat Mappanretasi Tahun ini dirangkaikan pula dengan Penangkaran Padi Varietas Unggul Baru oleh Bupati Tanah Bumbu, sekaligus Ketua APKASI, Mardani H. Maming, yang mana upaya penangkaran ini dilakukan Tanah Bumbu sesuai dengan petunjuk staf ahli Bupati Bantaeng Bidang Pertanian, Dr.Muchtar Nawir.
Seperti yang telah diketahui bersama, Kabupaten Bantaeng dibawah kepemimpinan Nurdin Abdullah, telah mengalami kemajuan pembangunan yang sangat pesat, hal ini tentunya menjadi daya tarik bagi banyak kabupaten di Indonesia untuk kemudian melakukan kerjasama dengan Kabupaten Bantaeng, khususnya di bidang pertanian.
Penangkaran padi ini antara lain meliputi varietas Inpari 8, Inpari 32, Inpari 33, Inpari 39, Inpari sidemuk, Sertani-1 Bantaeng, dan Inpago-11.
Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Kepala Bappeda Syamsu Alam, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Zainuddin, Kadis Ketahanan Pangan, Rita Pasha, serta Kabag Humas dan Protokol, Idham Kadir.






0 komentar

Tambahkan Komentar Anda

« Selanjutnya Sebelumnya »

Copyright © 2010 - 2016 Bantaeng HOT News- Program By Dedy Al Islami dan unsat

video