.

Pengunjung

Ketua Tim Penggerak PKK Bantaeng, Himbau Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Dengan Tanam Cabai

Bantaeng (18/05). Sesuai dengan Peraturan Presiden No.71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, dimana cabai ditetapkan sebagai kebutuhan pokok hasil pertanian. Maka Pemerintah Kabupaten Bantaeng, dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama Tim Penggerak PKK Bantaeng menggelar acara Pencanangan Gerakan Tanam Cabe Skala Pekarangan yang dilaksanakan di Desa Barua Kecamatan Eremerasa, Kamis Pagi.
Pencanangan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat menanam cabai di lahan pekarangan sebagai salah satu solusi untuk membantu penyediaan cabai secara berkelanjutan di tingkat rumah tangga, dan juga sebagai upaya mengatasi tingginya fluktuasi harga cabai yang terjadi. Selain itu juga guna mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan baik di pedesaan maupun perkotaan dengan memproduksi kebutuhan pangan keluarga. Demikian dijelaskan oleh Kadis Ketahanan Pangan, Ritha Pasha.
Ketua TP.PKK Bantaeng, Hj. Liestiaty F. Nurdin pada kesempatan tersebut menyampaikan kegembiraannya atas terlaksanakan kegiatan pencanangan tersebut. Namun beliau menghimbau agar gerakan tersebut tidak hanya sampai disini, tetapi perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk membantu pemerintah menekan harga pangan yang melonjak.
"Harga cabai sempat mencapai 150 ribu perkilo. Kalau kita menanam cabai di pekarangan rumah, harganya tidak akan melambung seperti itu. Masyarakat bahkan bisa menjual hasil tanaman untuk meningkatkan perekonomian keluarga". Dan Lebih lanjut beliau menghimbau agar di setiap desa dibangun satu rumah bibit sebagai persediaan pangan.
Sementara itu, Wakil Bupati Bantaeng, H. Muhammad Yasin, selaku pemerintah, bersama dengan PKK sebagai mitra kerja, mengajak kepada seluruh warga untuk menyiapkan solusi jangka panjang guna menekan angka inflasi yang akan datang, seperti pencanangan cabai ini. Dan menyampaikan pula bahwa, "Cabai adalah kebutuhan yang sangat pokok dan strategis. Melalui kegiatan ini, dengan SDM yang baik, saya yakin jika terjadi krisis pangan, Bantaeng bisa hadir menjadi solusi".
Kegiatan Pencanangan ini ditandai dengan penanaman bibit cabai, Penandatanganan Kerjasama dengan TP. PKK terkait pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga, serta Penyerahan bibit cabai secara simbolis kepada Ketua GOW, Hj. Aisyah Yasin, Ketua DWP, Vinka Nandakasih, perwakilan Kapolres, Naharuddin, Camat Eremerasa, Irfan Fajar, Camat Tompobulu, A. Muchlis Hindrah, serta Kelompok Wanita Tani Anugerah dan Bonto Jaya.
Untuk tahun 2017, terhitung 5000 pohon bibit cabai yang akan didistribusikan ke OPD, kantor Vertikal, kantor Kecamatan, dan lain sebagainya, dengan harapan agar gerakan tanam cabai skala pekarangan ini selanjutnya dapat dilakukan pada lokasi pekarangan baik pekarangan rumah masyarakat, pekarangan kantor dan tempat-tempat lain baik ditanam langsung maupun dengan memanfaatkan wadah tanam polybag atau wadah lain yang sudah tidak terpakai lagi.


























0 komentar

Tambahkan Komentar Anda

« Selanjutnya Sebelumnya »

Copyright © 2010 - 2016 Bantaeng HOT News- Program By Dedy Al Islami dan unsat

video