.

Pengunjung

Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Pesta Adat Gantarangkeke

Bantaeng (14/05). Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Pemerintah Kabupaten Bantaeng, dalam hal ini Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan bersama masyarakat setempat, kembali menggelar Puncak Perayaan Festival 10 Sya'ban Pesta Adat Gantarangkeke, yang dilaksanakan di Baruga Gantarangkeke Kec. Gantarangkeke, Kab. Bantaeng.
Seluruh rangkaian Festival 10 Sya'ban Gantarangkeke telah berlangsung selama 2 pekan, yang sarat mengandung nilai yang sangat luar biasa, antara lain mempererat dan memperkokoh rasa persatuan, kekeluargaan, kegotong royongan serta upaya membersihkan diri dari segala kekhilafan dan dosa yang ada, dengan saling memaafkan. Dan tertuang dalam nilai budaya yang dilaksanakan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.
Wakil Bupati Bantaeng, H. Muhammad Yasin, yang hadir mewakili Bupati Bantaeng, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Pesta Adat Gantarangkeke ini merupakan tradisi yang telah diwariskan oleh para leluhur pendahulu kita, yang tentunya akan menjadi kekuatan yang sangat besar dalam membangkitkan semangat dan kerja keras untuk terus berbakti, mengabdi untuk daerah Bantaeng.
"Saat ini kita sudah gunakan fasilitas infrastruktur untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan Pesta Adat Gantarangkeke, maka dari itu seluruh fasilitas yang telah dibangun, saya titipkan kepada masyarakat untuk dimanfaatkan, dirawat dan dijaga dengan sebaik-baiknya".
Pelaksanaan Pesta Adat Gantarangkeke sangat sarat dengan berbagai atrasi seni, teemasuk A'manca yang merupakan pertarungan silat tradisional. Tidak ketinggalan pula penyajian Kaloli, makanan khas masyarakat setempat yang terbuat dari beras.
Pesta Adat dihadiri oleh unsur Forkopimda Bantaeng, Para Pimpinan OPD lingkup Pemkab Bantaeng, Wakil Bupati Bantaeng Periode 2008-2012, H. Asli Mustajab, seluruh pemangku adat di Kabupaten Bantaeng, Keluarga Besar Keturunan Opu Bontobangun Kerajaan Kabupaten Kepulauan Selayar, Opu Andi Massairang Karaeng Mangatta, Andi Bahtaruddin Patta Anjo, bersama Permaisuri.















0 komentar

Tambahkan Komentar Anda

« Selanjutnya Sebelumnya »

Copyright © 2010 - 2016 Bantaeng HOT News- Program By Dedy Al Islami dan unsat

video