.

Pengunjung

Jadi Salah Satu Kontributor Terbesar Produksi Jagung, Pemkab Bantaeng Gelar Panen Raya.

Bantaeng (27/12). Rabu Pagi, secara serentak di 10 Provinsi di Indonesia, telah dilakukan Panen Raya Jagung Hibrida, hasil kerjasama Kementerian Pertanian RI dan Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng. Panen raya dilaksanakan di Kampung Sampara, Desa Ulugalung, Kecamatan Eremerasa, Bantaeng.
Panen raya diselenggarakan untuk meyakinkan publik bahwa setiap daerah di Indonesia, telah mampu mencukupi swasembada terhadap komunitas jagung. Untuk tahun 2017, Kabupaten Bantaeng mendapat alokasi lahan seluas 12.500 hektar dari pemerintah pusat. Dengan hal tersebut, diyakini Bantaeng sudah mampu meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.
"Kontribusi terbesar dari produksi jagung berasal dari luar Pulau Jawa, salah satunya adalah Kabupaten Bantaeng di Sulawesi Selatan. Dengan produksi seperti ini, pemerintah pusat mengingatkan agar tidak ada lagi yang melakukan impor jagung dari luar, karena Indonesia bisa memenuhi kebutuhan pangan jagung". Demikian diujarkan Direktur Serelia Kementerian Pertanian RI, yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Seksi Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Bpk. Yusuf.
Sementara itu, Wakil Bupati Bantaeng, H. Muhammad Yasin yang hadir sekaligus membuka panen raya secara resmi, menghaturkan apresiasi kepada Dinas Pertanian yang telah menghadirkan kegiatan panen raya tersebut. "Namun guna mewujudkan pengembangan komunitas jagung ini, diharapkan agar dapat diharmonisasikan dengan SDM yang ada sehingga swasembada jagung dapat diwujudkan sesuai dengan harapan. Masyarakat juga harus turut berpartisipasi demi peningkatan percepatan pembangunan khususnya dibidang pertanian".
Selain Kabupaten Bantaeng di Sulawesi Selatan, daerah lainnya yang mengalami peningkatam produksi jangung relatif besar, terdapat di Lampung, Sumatera Utara, Sulawesi Barat, NTB dan Gorontalo. Mengusung tema "Panen Raya Jagung Mendukung Swasembada Jagung Berkelanjutan", panen ini turut dihadiri oleh Dandim 1410 Bantaeng, Nanang Siswoko, Kapolres Bantaeng, Adip Rojikan, Kepala Seksi Akabi Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura, Naim Kasim, Kadis Pertanian Bantaeng, Rahmaniah, Camat Eremerasa, Irfan Fajar, serta Camat Uluere, Muhammad Djohan.



0 komentar

Tambahkan Komentar Anda

Sebelumnya »

Copyright © 2010 - 2016 Bantaeng HOT News- Program By Dedy Al Islami dan unsat

video